Senin, 17 Maret 2014

Tinjauan Psikologi Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

1.      Tinjauan Umum tentang Anak
a.      Psikologi Perkembangan dan Pendidikan  Anak
Richard M. Lerner (1976) seperti yang dikutip Desmita, merumuskan, psikologi perkembangan merupakan pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup, misalnya mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak usia satu, dua, atau lima tahun, memiliki persamaan atau perbedaan atau bagaimana kepribadian seseorang berubah dan berkembang dari anak-anak, remaja sampai dewasa.
Dalam beberapa diskursus psikologi perkembangan, secara umum anak merupakan regenerasi genetis dari hubungan ayah dan ibu yang masih berada dalam usia belum matang. Namun dalam perkembangan sosial dan pendidikannya anak juga merupakan makhluk sosial seperti halnya orang dewasa yakni membutuhkan orang lain untuk dapat membantu mengembangkan kemampuannya. Karena anak lahir dengan segala kelemahan maka tanpa orang lain anak tidak mungkin dapat mencapai taraf kemanusiaan yang normal. Anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungan. Pada sisi lain, anak juga tidak sama dengan orang dewasa, anak mempunyai kecenderungan untuk menyimpang dari hukum dan ketertiban yang disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengertian terhadap realita kehidupan. Anak-anak lebih mudah belajar dengan contoh-contoh yang diterimanya dari aturan-aturan yang bersifat memaksa.
Selanjutnya, anak sebagai orang yang mempunyai pikiran, perasaan, sikap dan minat berbeda dengan orang dewasadengan segala keterbatasannya—anak merupakan mahluk yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang dan tempat bagi perkembangannya. Selain itu, anak sebagai bagian dari keluarga, maka keluarga wajib memberi kesempatan bagi anak untuk belajar tingkah laku yang penting untuk perkembangan yang cukup baik dalam kehidupan bersama. Dapat dipahami bahwa anak dalam perspektif psikologis memberikan gambaran umum betapa penting peranan faktor external mempengaruhi perkembangan dan pendidikan anak.
b.      Perkembangan dan Pendidikan Anak dalam hukum keluarga Islam
Anak dalam bahasa Arab disebut “walad” yang berati keturunan kedua atau manusia kecil. Anak secara umum juga dapat diartikan dengan masa tumbuh. Anak adalah seseorang yang berada pada suatu masa perkembangan tertentu dan mempunyai potensi-potensi untuk menjadi dewasa. Dalam aplikasinya, orangtua menduduki peranan sangat penting baik dalam kehidupan keluarga secara umum dalam pembinaan anak-anaknya secara khusus. Keluarga merupakan ruang yang sangat strategis dalam mengarahkan pada kehidupan anak secara Islami guna mencapai tujuan kebahagiaan dunia dan akhirat, sebagaimana cita-cita kehidupan muslim pada umumnya. Sedangkan jalan yang bisa dijadikan penerang adalah dengan ilmu. Maka anak-anak harus diberi kesempatan untuk menuntut ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya baik ilmu pengetahuan umum maupun agama.
Peran strategis yang dimiliki keluarga terhadap anak secara tidak langsung membutuhkan aturan dengan tujuan untuk menciptakan kebahagiaan dan keberlangsungan hidup anak, mampu menciptakan keseimbangan antara hak dan kewajiban orangtua terhadap anak maupun membina hubungan baik dengan masyarakat dan lingkungannya. Hal tersebut penting mengingat pengaruh keluarga dan lingkungan sangat menentukan perkembangan individu dalam setiap fasenya terlebih masalah kepribadian.
Dengan demikian usaha memahami psikologi perkembangan anak sangat membantu bagi pelaku pendidikan yakni orangtua maupun guru untuk mengawal dan mendidik anak sampai pada fase-fase perkembangan yang selanjutnya sesuai dengan potensi-potensi yang harus dicapainya. Pada dasarnya hak dasar anak adalah hak untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini berarti anak berhak memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh secara fisik dan berkembang secara psikologis dan ini semua akan tercapai apabila lingkungan berada pada situasi yang kondusif, sehingga memungkinkan perkembangan jiwa mereka dapat terlaksana dengan optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar